Saat baru melakukan meeting secara online, mungkin akan sedikit bingung dengan cara menampilkan Power Point di Google Meet. Penyampaian materi selain dilakukan secara lisan, namun tetap memerlukan disampaikan secara tulisan melalui presentasi Power Point.
Google Meet menjadi salah satu platform terbaik yang digunakan selama pertemuan daring, baik belajar mengajar maupun rapat kantor. Adanya perubahan yang tiba-tiba, membuat para penggunanya sedikit bingung untuk mengoperasikan berbagai fitur, khususnya menampilkan materi dalam Power Point. Untuk itu, berikut akan dibahas tentang tata caranya:
Tutorial Cara Menampilkan Power Point pada Google Meet
Power Point atau PPT memang sebuah software yang dibuat untuk memudahkan pemaparan materi ketika presentasi. Agar bisa menampilkan file tersebut saat Google Meet, perlu melakukan beberapa hal berikut agar dapat berjalan dengan baik. Penasaran? Berikut ulasannya!
- Kunjungi website atau klik link meeting Google Meet yang sudah diberikan oleh pemilik meeting atau bisa juga pengguna yang memulai meeting terlebih dahulu.
- Setelah itu, apabila diundang, maka minta akses kepada pemilik ruang rapat Google Meet agar bisa menampilkan materi di PPT.
- Siapkan materi Power Point dan tekan “Presentasikan Sekarang”, lalu pilih opsi “Jendela”.
- Tekan opsi “Share an Application Windows” kemudian tekan “Bagikan”
- Dan materi dari Power Point akan muncul pada tampilan layar Google Meet.
Mengapa Perlu Menggunakan Google Meet?
Bagi orang awam, mungkin akan bertanya, mengapa perlu menggunakan Google Meet sebagai media rapat online? Aplikasi yang dikeluarkan oleh Google ini memiliki banyak fitur yang menarik untuk digunakan terlepas fungsinya sebagai ruang virtual. Apa saja fitur tersebut? Berikut diantaranya:
1. Fitur Ikuti Bersama
Di versi yang terbaru, Google Meet mengeluarkan fitur terbarunya bernama Ikuti Bersama. Fitur ini bermanfaat untuk memunculkan teks dari pembicara yang sedang menyampaikan materi. Mengapa bisa seperti itu?
Google Meet terbaru menggunakan teknologi dari Text to Speech yang memungkinkan suara penyampai diubah menjadi text seperti subtitle. Jadi, jika suara yang dikeluarkan pembicara kurang jelas atau ada yang memiliki kekurangan pendengaran tidak perlu khawatir karena terdapat text yang bisa dibaca.
2. Raise Hand
Fitur selanjutnya yang terdapat aplikasi ini adalah Raise Hand yang dapat peserta bisa berpartisipasi dalam rapat atau pertemuan tersebut. Peserta bisa menekan simbol tangan untuk menandakan bahwa ingin berbicara atau mengajukan pertanyaan kepada pembawa materi.
3. Membagikan Layar
Seperti pada pembahasan di poin sebelumnya, bahwa pada Google Meet bisa melakukan presentasi dengan menampilkan PPT dari komputer yang dimiliki. Hal ini termasuk ke dalam fitur unggulannya, yaitu kemampuan membagikan layar.
Tidak hanya untuk keperluan presentasi, membagikan layar pada Google Meet juga bisa dimanfaatkan untuk menonton video atau film bareng bersama teman. Jangan khawatir tidak ada suara, karena Google Meet mampu untuk menampilkan seluruh bentuk file, termasuk video dan audio.
4. Dapat Menampilkan Background yang menarik
Dan fitur yang terakhir adalah adanya pilihan background keren dari aplikasi Google Meet. Terkadang, melakukan meeting secara online membuat latar belakang video peserta tidak sebagus dan sekeren bila berada di kantor.
Tapi tidak perlu khawatir! Aplikasi ini telah menyediakan berbagai pilihan latar yang bagus dan unik agar suasana rapat lebih seru. Beberapa pilihan tersebut terdiri dari tema pesta, ruang kelas, bioskop, pantai, dan lain sebagainya. Pengguna bebas memilih sesuai dengan keinginannya.
Itulah cara menampilkan Power Point di Google Meet beserta fitur yang terdapat di dalamnya. Hadirnya Google Meet sebagai media untuk melakukan konferensi virtual membantu para penggerak ekonomi untuk tetap terhubung dimana pun berada serta memudahkan ketika adanya pembatasan ruang gerak saat adanya pandemi.